Alasan Sony Belum Rilis Smartphone QHD

Sony-Xperia-Z3-Compact-2-593x400
Sony adalah salah satu brand besar asal Jepang yang saat ini produknya dikenal di pasar kelas menengah dan atas. Namun hingga kini Sony belum merilis smartphone yang dibekali dengan layar resolusi QHD atau Quad High Definition, padahal vendor lain seperti LG, Samsung dan Oppo telah menghadirkan produk tersebut. Belum lama ini pihak Sony mengungkapkan alasan mengapa pihaknya belum merilis produk dengan layar QHD.
Persaingan smartphone masa kini tak hanya di sektor dapur pacu yang meningkatkan jumlah core dan kecepatan prosesor atau menambah kapasitas memori RAM, tetapi juga peningkatan resolusi layar. Tren layar full HD telah digantikan dengan layar resolusi yang lebih tinggi, yakni QHD. Hampir semua brand besar atau brand mayor telah merilis smartphone dengan layar QHD atau yang juga sering disebut dengan layar 2K.
Layar full HD mengusung resolusi 1920 x 1080 piksel sedangkan layar QHD mengusung resolusi 2560 x 1440 piksel. Hal ini membuat tampilan layar menjadi sangat padat, tajam, dan nyaman dilihat. Smartphone seperti LG G3, Samsung Galaxy Note 4, dan Oppo Find 7 adalah jajaran smartphone yang telah mendukung layar resolusi QHD.
“Teknologi memang terus berkembang. Namun demikian, bukan berarti semua bisa diadopsi. Misalnya, teknologi di TV tak selamanya bisa dibenamkan di smartphone. Xperia Z3 punya kemampuan merekam video 4K dan itu lebih tinggi dari 2K. Dimana hasil gambarnya bisa ditampilkan di TV yang mendukung format tersebut.”
“Lihat fitur gambar 3D, Sony tak ikut membuat layar untuk smartphone. Buat apa? Karena itu belum terlalu perlu, selain memang saat itu belum ada konten yang mendukungnya. Namun, bukan berarti Sony tidak membuat konten itu,” kata Vice President Sony Mobile Communication South East Asia dan Ocenia, Josh Featherston, seperti yang dilansir dari Detik (18/09/2014).

0 Response to "Alasan Sony Belum Rilis Smartphone QHD"