9 Produsen PC yang Masuk Dunia Smartphone

27
Jumlah pengguna smartphone setiap tahun memang selalu meningkat. Khususnya smartphone Android yang mendominasi 84,7 persen pasar smartphone dunia. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan utama banyak produsen PC yang ikut merambah dunia smartphone.
Siapa saja produsen tersebut? Berikut adalah rangkuman sembilan produsen PC yang merambah pasar smartphone. Daftar ini kami urutkan berdasarkan abjad.
18
1. Acer
Merek satu ini sudah tidak asing lagi, mengingat Acer merupakan produsen laptop paling laris di Indonesia. Produsen ini kerap menjual produknya dengan harga murah dan menyasar ekonomi menengah ke bawah sebagai strategi pemasarannya.
Produsen asal Taiwan ini memulai debut penjualan smartphonenya pada tahun 2009. Dengan produk bernama Acer Liquid A1 yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni USD 500 atau sekitar Rp 6 juta.
Hingga kini, Acer masih tetap memproduksi smartphone Android. Pada ajang IFA dua minggu lalu, Acer memperkenalkan dua produk terbarunya, yakni Acer Liquid Jade dan Acer Liquid Z500.
19
2. Apple
Jika merek sebelumnya menyasar ekonomi menengah kebawah, berbeda halnya dengan merek yang satu ini. Ya, Apple memang terkenal dengan iPhone yang harganya selalu melambung tinggi setiap generasinya.
Apple mulai merambah pasar smartphone pada tahun 2007 dengan produk iPhone-nya. Produk tersebut hadir dengan teknologi canggih namun sedikit ketinggalan zaman, karena tidak mendukung teknologi 3G. Sedangkan pada saat itu banyak produsen handphone lain berlomba-lomba mengeluarkan produk yang mendukung 3G.
Apple juga merupakan produsen laptop dan PC super yang terkenal dengan desain minimalisnya, yakni MacBook Pro dan Mac Pro.
20
3. Asus
Merek satu ini juga sudah tidak asing lagi, dan juga sempat menjadi produsen notebook terbesar di Indonesia pada kuartal kedua tahun lalu. Selain terkenal sebagai produsen notebook, Asus juga terkenal dengan perangkat PCnya seperti VGA, motherboard, monitor, hingga desktop komplit.
Sebelum mengikuti arus smartphone Android, Asus juga sempat memproduksi Windows Mobile yang pada saat itu masih versi enam. Namun, karena tidak ada berkembangan dari Windows Mobile, Asus pun sempat menghentikan produksi smartphone-nya.
Kini dengan Android, smartphone terbaru dari Asus adalah Zenfone yang berhasil menjual 40 ribu unit hanya dalam empat hari. Hal ini karena Asus juga menerapkan harga murah dan menyasar ekonomi menengah ke bawah, seperti strategi bisnis yang digunakan Acer. Smartphone terbarunya terdiri dari tiga varian, yakni Zenfone empat, lima, dan enam dengan rentang harga dari satu hingga tiga juta rupiah.
21
4. Gigabyte
Selanjutnya ada Gigabyte, merek satu ini juga terkenal sebagai produsen komponen komputer seperti motherboard, VGA, power supply, hingga laptop dan komputer gaming.
Gigabyte masuk ke ranah smartphone Android pada tahun 2010 dengan smartphone yang bisa dibilang murah pada saat itu. Dengan nama GSmart, smartphone pertama Gigabyte tersebut dibanderol dengan harga USD 300 atau sekitar Rp 3,5 juta.
Hingga kini, Gigabyte masih memproduksi smartphone Android. Tahun ini Gigabyte mengumumkan lima flagship terbarunya, yakni GSmart Guru, GSmart Roi, GSmart Sierra, GSmart Maya, dan GSmart Simba.
22
5. Hewlett Packard
Merek satu ini juga cukup terkenal di Indonesia dengan produk digitalnya mulai dari laptop, desktop, monitor, hingga printer.
HP juga memiliki sejarah sebagai produsen smartphone, yakni Palm Pre dengan sistem operasi yang disebut WebOS. Namun, sayangnya produk tersebut tidak laku dan akhirnya dihentikan produksinya.
Setelah memutuskan untuk vakum sebagai produsen smartphone, HP bangkit kembali dengan memproduksi perangkat Android. Dimulai tahun lalu, HP merilis tablet Android dengan nama Slate 7 dengan kisaran harga cukup murah, yakni Rp 1,3 juta. Kemudian beredar kabar bahwa HP akan segera merilis smartphone Android dalam waktu dekat.
23
6. Lenovo
Kemudian ada Lenovo, yang sempat heboh karena penjualan smartphone-nya melebihi penjualan PC-nya. Sebelumnya, Lenovo sempat mendapatkan peringkat utama sebagai produsen PC di dunia yang berhasil menjual sebanyak 12,6 juta PC pada tahun lalu.
Selain itu Lenovo juga memiliki sejarah sebagai produsen smartphone dengan sistem operasi Windows Mobile, yang akhirnya harus vakum juga mengikuti Asus karena Microsoft tidak melanjutkan pengembangan Windows Mobile. Pada tahun 2010, Lenovo bangkit kembali sebagai produsen smartphone.
Dengan sistem operasi Android, Lenovo meluncurkan smartphone yang bernama Lenovo LePhone. Hingga saat ini Lenovo tetap memproduksi smartphone Android. Pada ajang IFA minggu lalu Lenovo memperkenalkan dua flagship barunya, yakni Lenovo Vibe X2 dan Lenovo Vibe Z2.

24
7. Fujitsu
Produsen asal Jepang ini memang terdengar sedikit asing. Mengingat penjualan produk laptop dan PC-nya tidak terlalu banyak di Indonesia.
Sebelum mengikuti arus smartphone Android, Fujitsu juga sempat memproduksi smartphone dengan sistem operasi Windows Mobile.
Lalu juga harus vakum mengikuti produsen lainnya dalam daftar, yakni Lenovo dan Asus. Dua tahun lalu, di ajang Mobile World Congress yang diadakan di Barcelona, Fujitsu memperkenalkan smartphone Android pertamanya dengan inovasi yang cukup canggih pada saat itu, yakni tahan air.
Nampaknya, penjualan Fujitsu tidak terlalu bagus. Pasalnya tahun ini belum ada informasi mengenai smartphone Android terbarunya.
25
8. Sony
Produsen satu ini dikenal juga sebagai Apple-nya Jepang. Karena produk-produk yang dikeluarkan – khususnya laptop VAIO – harganya cukup mahal. VAIO seri Z misalnya, dibanderol dengan harga lebih dari Rp 20 juta.
Selain itu, Sony juga memiliki sejarah sebagai produsen smartphone Windows Mobile. Yang pada saat itu masih bekerja sama dengan Ericsson. Serupa dengan produsen lain dalam daftar, Sony sempat berhenti memproduksi smartphone Windows Mobile hingga akhirnya ikut memproduksi smartphone Android.
Serupa dengan produk laptopnya, salah satu smartphone terbaru Sony yang akan hadir memiliki harga cukup mahal, yakni Sony Xperia Z3. Dengan kemungkinan harga mencapai Rp 11 juta, Xperia Z3 merupakan smartphone terbaik milik Sony saat ini.
26
9. Toshiba
Terakhir ada Toshiba, produsen yang juga berasal dari Jepang. Tidak hanya memproduksi PC, Toshiba juga memproduksi perangkat elektronik lain seperti TV, camera recorder, DVD player, dan lainnya.
Selain itu, Toshiba juga sempat memproduksi beberapa smartphone Windows Mobile pada tahun 2010. Namun, akhirnya harus berhenti juga seperti produsen Windows Mobile lain dalam daftar.
Toshiba akhirnya kembali memproduksi smartphone saat Microsoft membangkitkan sistem operasi Windows Phone, yakni dengan meluncurkan Toshiba Windows Phone IS12T. Namun, sayangnya ini adalah smartphone Toshiba terakhir, sebelum akhirnya mengikuti arus dengan memproduksi tablet Android.

0 Response to "9 Produsen PC yang Masuk Dunia Smartphone"